merawat mobil matic

Tips Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Perkembangan teknologi semakin hari memang semakin maju. Ini bisa dilihat dari munculnya beberapa jenis mobil matic yang sangat memudahkan penggunanya. Mereka tidak perlu disibukkan untuk memindahkan gigi kecepatan. Meski mobil matic ini sangat bermanfaat dan memudahkan pengguna, namun tahukah Anda jika mobil ini sudah mengalami kerusakan maka biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya tentu jauh lebih mahal jika dibandingkan mobil manual.

Jadi bisa dikatakan perawatan mobil matic ini lebih sulit dari pada mobil manual. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa cara merawat mobil matic agar tidak mudah rusak dan tetap awet.

  1. Uji jalan
    Cara merawat mobil matic pertama adalah dengan melakukan uji jalan. Ini bisa Anda lakukan sebulan sekali yaitu dengan menjalankan mobil seperti biasa namun Anda coba mengubah atau memindahkan persenelingnya. Rasakan benar proses pemindahan perseneling tersebut. Jika ada goncangan atau getaran pada mobil Anda maka bisa jadi mobil Anda sedang bermasalah pada bagian transmisinya. Jika sudah seperti maka Anda harus segera pergi kebengkel untuk memperbaikinya.
  2. Penggantian oli
    Kedua, pastikan Anda ganti oli dengan teratur. Ini adalah cara merawat mobil matic yang sangat penting untuk diperhatikan terlebih jika Anda sering menggunakan mobil Anda untuk menempuh jarak jauh. Telat sedikit saja dalam pergantian oli maka akan ada banyak masalah yang terjadi di mobil matic Anda terutama pada bagian transmisinya. Usahakan Anda mengganti oli setiap kali sudah menempuh jarak 80.000 km – 100.000 km.
  3. Panaskan mobil
    Cara merawat mobil matic ketiga adalah membiasakan untuk memanaskan mobil terlebih dahulu sebelum menggunakan berpergian. Jangan sepelekan hal ini karena akibatnya sangat besar. Lakukan pemanasan mobil setiap pagi untuk menjaga kondisi mesin agar tetap dalam kondisi baik. Ketika Anda memanasi mobil, pastikan tuas transmisi dalam posisi netral.
  4. Cek perseneling
    Keempat adalah teliti dalam menggunakan perseneling. Hindari kebiasaan menggunakan perseneling ‘P’ jika mobil belum benar-benar berhenti. Jika ini Anda abaikan maka dalam jangka panjang akan terjadi kerusakan pada perseneling anda. Selain itu hindari juga menggunakan perseneling ‘D’ ketika hendak parkir karena akan merusakan kopling Anda.

Itulah beberapa cara merawat mobil matic yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan beberapa cara diatas maka mobil matic Anda akan terhindar dari berbagai kerusakan. Lakukan perawatan terbaik untuk menghindari kerusakan yang akan menguras kantong Anda mengingat biaya perbaikan sangat mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>