tips merawat ac mobil

Tips Cara Merawat AC mobil

AC mobil menjadi satu bagian yang sangat penting terutama untuk faktor kenyamanan pengguna. Bisa dibayangkan jika dalam cuaca panas dan ternyata AC rusak sehingga hawa di dalam mobil sangat panas. Tentu ini sangat mengganggu kenyamanan Anda bukan? Nah untuk menghindari kerusakan AC, ada beberapa cara merawat AC mobil yang harus Anda perhatikan:

  1. Cek karpet
    Cara merawat AC mobil pertama adalah membersihkan karpet dan interior mobil. Ketika interior mobil dalam keadaan bersih, maka filter udara pada AC tidak akan bekerja dengan berat dalam menyaring debu. Beda halnya jika interior sangat kotor maka filter akan bekerja sangat keras, dan jika ini berlangsung lama maka bisa dipastikan AC tersebut akan mudah rusak.
  2. Membuka kaca
    Setelah anda memarkirkan mobil anda ditempat yang sangat panas maka dinginkan kabin terlebih dahulu dengan memanfaatkan udara dari luar. Dengan menerapkan cara merawat AC mobil ini maka uap panas didalam mobil akan mudah hilang sehingga proses pendinginan tidak terlalu berat dan lama.
  3. Bersihkan saat mode istirahat
    Cara merawat AC mobil ketiga adalah mengistirahatkan AC mobil. Ketika sedang perjalanan siang hari, sering kali kita menggunakan AC dalam waktu yang lama. Tentu ini sangat memberatkan kinerja AC. Maka dari itu matikan AC untuk beberapa saat dan manfaatkan udara dari luar ruangan sehingga mesin AC bisa beristirahat dan terhindar dari pembekuan pada bagian saluran AC.
  4. Bersihkan kondensor AC
    Pada bagian ini bisanya ada banyak debu atau kotoran yang menumpuk. Cara merawat AC mobil ini bertujuan agar hembusan angin yang diolah dari AC bisa cepat dingin sehingga kerja AC tidak terlalu keras seperti jika condenser tersumbat oleh debu-debu tersebut.
  5. Menggunakan kaca film
    Apa sih hubungannya kaca film dengan AC? Ya ketika Anda menggunakan kaca film akan panas dari sinar matahari akan sedikit berkurang sehingga suhu dalam mobil tidak terlalu panas. Dengan demikian cukup beberapa saat saja Anda menyalakan AC maka hawanya mudah dingin jadi kerja AC tidak terlalu keras.

Itulah beberapa cara merawat AC mobil yang bisa Anda lakukan agar kondisi AC Anda tepat baik. Dengan demikian maka Anda bisa lebih nyaman berkendara terutama jika cuaca sedang sangat terik, karena di dalam mobil tetap terasa dingin dan sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>